Alasan Kenapa Yuno bisa Menjadi Kaisar Sihir Ketimbang Asta

Aku tidak menonton Black Clover karena Asta. Aku sudah melihat kisah orang seperti Asta berkali-kali. Aku menonton Black Clover karena Yuno, rival dan teman masa kecil Asta. Yuno memang bukan karakter bertipikal 'pahlawan' karena diawal cerita ia sudah sangat berbakat dan lebih kuat dibanding Asta, tetapi aku mendukung Yuno untuk menjadi Kaisar Sihir.


Alasan terkuatnya adalah karena kurasa Yuno akan memegang tanggung jawab dengan lebih baik. Yuno dan Asta, keduanya ingin memperbaiki keadaan Gereja tempat mereka dibesarkan saat ini, tapi keduanya belum berpikiran makna menjadi seorang Kaisar Sihir selain “Kuat dan Hebat”. Tetapi Yuno berpikiran lebih dewasa ketimbang Asta, jadi ia lebih cocok mengemban tugas sebagai seorang pemimpin.

Alasan lain kenapa Yuno bisa menjadi Kaisar Sihir dibanding Asta ialah agar cerita ini tidak terlalu meniru-niru, tetapi tetap akan memiliki unsur inspiratif yang sama tentang kerja keras untuk menggapai impian. Jika dilihat sekilas, ini mungkin agak sedikit bertentangan, karena Asta memulai dari nol dan akan terasa mengecewakan jika ia gagal, tapi Asta tidak harus juga menjadi Kaisar Sihir untuk menginspirasi orang lain untuk berjuang. Nyatanya ia sudah menjadi inspirasi bagi Yuno sendiri.


clover2

Yuno tidak akan sekuat sekarang bila Asta tidak menginspirasi dirinya untuk berjuang. Ini terlihat di episode 2, dimana Yuno yang sangat cengeng akhirnya mengukuhkan dirinya untuk tidak lagi menjadi cengeng setelah Asta menyelamatkan nyawanya. Saat kecil sihir Yuno tidaklah kuat, tetapi ia sudah mulai berlatih dengan serius sejak saat itu. Hanya karena tidak terlihat bagaimana proses latihan Yuno seperti diperlihatkannya latihan keras Asta bukan berarti Yuno tidak melakukan hal tersebut.

Selain itu, sepanjang cerita Yuno memang  sudah dianggap sebagai karakter ‘sempurna’ karena Black Clover bercerita dari sudut pandang Asta, tetapi Yuno sama sekali tidak mengganggap dirinya sempurna. Bayangkan saja, akan jadi seperti apa kisah Black Clover jika diceritakan dari sudut pandang Yuno. Saat kecil lemah, setelah terinspirasi dari anak kecil lain yang memiliki fisik dan mental lebih kuat darinya, ia bekerja keras dan menemukan kekuatan terpendamnya. Apakah semenyimpang itu dari kisah ‘zero to hero’-nya Asta?

clover3

Yuno mungkin tidak akan menjadi Kaisar Sihir, tetapi aku ingin melihat Yuno menjadi Kaisar Sihir sementara itu Asta menjadi seorang petarung yang lebih kuat dibanding Yuno. Sejauh ini, Yuno hanya berhasil melakukan hal-hal biasa, tetapi pencapaiannya sudah melebihi Asta. Aku ingin ia terus seperti itu hingga kisah ini berakhir. Asta memiiki kekuatan yang luar biasa, aku ingin melihat ia melampaui Yuno dengan cara yang tidak terbayangkan oleh mereka, meskipun bertentangan jalan kesuksesan pada umumnya.

Walau sering di kritik sebagai sebagai karakter utama mainstream dengan suara berisik, aku suka penggambaran karakter Asta. Dengan keberadaan dirinya yang melawan logika dunia. Asta benar-benar menyiratkan bahwa ia memiliki kemampuan untuk menghapuskan sihir, meskipun ia sendiri sama sekali tidak memiliki sihir. Terlepas dari itu, akan sangat memuaskan jika melihat Asta menjadi Kaisar Sihir, tetapi aku lebih ingin melihat Asta berhasil dengan cara yang tidak biasa. Keinginan Asta menjadi Kaisar Sihir seringkali dibanding-bandingkan dengan Cita-cita Naruto menjadi Hokage, tetapi perbedaannya adalah Asta tidak mencari rasa hormat dan pengakuan dari orang-orang sekitarnya yang seperti Naruto lakukan. Asta berkeinginan untuk menjadi kuat dan membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik untuk orang-orang yang dia sayangi, dan Asta tidak perlu menjadi Kaisar Sihir untuk mencapai keinginannya tersebut.

clover4

Aku sudah lelah dengan kalimat “Asta Menjadi Kaisar Sihir” alur cerita tidak akan mempengaruhiku karena dia tidak cocok untuk menjadi Kaisar Sihir. Aku tidak bisa mendukungnya seperti aku mendukung Naruto karena aku tidak peduli ia menjadi Kaisar Sihir atau tidak. Apalagi aku tidak bisa mendukung Asta karena kurasa Yuno lebih mempu mengemban tugas tersebut.

Tetapi tidak masalah, aku masih berharap banyak pada Black Clover. Aku tersentuh tiap kali melihat Yuno melakukan janji dengan Asta, dan aku ingin mereka berdua bertumbuh kembang sebagai petarung dan terus saling memotivasi satu sama lain. Entah Asta akan menjadi Kaisar Sihir atau tidak, kuharap suatu hari ia akan menyadari bahwa selama ini dirinya telah menginsinpirasi orang lain.

Artikel oleh: Kim Morrissy (@frog_kun) penulis dan wartawan lepas di Anime News Network.
Sumber: crunchyroll

2 komentar:

  1. setelah aku melihat anime black clover, dan mengikuti komiknya sampai sekarang, aku memiliki bayangan kalo YUNO bakal jadi RAJA, dan ASTA menjadi KAISARnya..
    yang akan selalu melindungi dan membantu yuno kapanpun dan dimanapun..

    BalasHapus
  2. seperti saat asta menjaga liontin(yg menurutku emblem keluarga kerajaan), yg hampir direbut n di curi orang..

    BalasHapus